Latest News

Pesona Keindahan Gunung Bromo


Gunung Bromo merupakan tempat wisata yang sudah di kenal oleh wisatawan domestik maupun wisatawan mancanegara. Bromo di kenal dengan pesona alam yang menawan, mulai dari hamparan pasir, pemandangan gunung-gunung di sekitar bromo, lautan awan yang sangat indah, udara yang segar dan hawa dingin yang brrrr. Di puncak Bromo, wisatawan dapat mendapatkan pemandangan terbenam matahari.

Informasi Seputar Gunung Bromo

Gunung Bromo memiliki ketinggian 2.392 meter diatas permukaan laut dengan luas sekitar 5.250 hektar. Dengan suhu 3-20 derajat celcius bahkan bisa mencapai nol derajat celcius.

Gunung Bromo (dari bahasa Sanskerta: Brahma, salah seorang Dewa Utama dalam agama Hindu), adalah sebuah gunung berapi aktif di Jawa Timur, Indonesia. Gunung ini memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut dan berada dalam empat wilayah kabupaten, yakni Kabupaten Probolinggo, Kabupaten Pasuruan, Kabupaten Lumajang, dan Kabupaten Malang.
Gunung Bromo terkenal sebagai obyek wisata utama di Jawa Timur. Sebagai sebuah obyek wisata, Bromo menjadi menarik karena statusnya sebagai gunung berapi yang masih aktif. Gunung Bromo termasuk dalam kawasan Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Bentuk tubuh Gunung Bromo bertautan antara lembah dan ngarai dengan kaldera atau lautan pasir seluas sekitar 10 kilometer persegi.Gunung Bromo mempunyai sebuah kawah dengan garis tengah ± 800 meter (utara-selatan) dan ± 600 meter (timur-barat). Sedangkan daerah bahayanya berupa lingkaran dengan jari-jari 4 km dari pusat kawah Bromo.
Selama abad 20 dan abad 21, Gunung Bromo telah meletus sebanyak beberapa kali, dengan interval waktu yang teratur, yaitu 30 tahun. Letusan terbesar terjadi 1974, sedangkan letusan terakhir terjadi pada 2011.(Sumber)


Pesona Keindahan Gunung Bromo

Pesona keindahan hamparan pasir yang begitu luas laksana gurun terlihat sungguh menakjubkan, pemandangan gurun pasir di padukan udara segar dan hawa dingin inilah yang membuat Bromo di minati para wisatawan. Pemandangan hamparan pasir yang indah ini dapat Anda saksikan dari Cemorolawang, pintu masuk ke wisata Gunung Bromo.



Sunset atau terbenamnya matahari merupakan salah satu pesona keindahan di Gunung Bromo yang wajib di lihat oleh wisatawan. Ini merupakan pemandangan alam yang paling memikat yang Anda peroleh di Gunung Bromo ini. Lokasi yang sangat baik untuk meilhat sunset adalah Puncak Penanjakan. Ini merupakan salah satu alasan di antara sekian panorama alam yang ada di Gunung Bromo sehingga Gunung Bromo layak di sebutkan sebagai tempat wisata terbaik di Indonesia. Abadikan moment sunset di Gunung Bromo ini dengan kamera yang mempunyai resolusi yang cukup baik.



Kuda atau Jeep ?

Naik kuda atau jeep? Yah itulah pilihan transportasi untuk melihat pesona keindahan Gunung Bromo. Berkuda di hamparan pasir gunung bromo merupakan pilihan unik yang hanya bisa di temukan di beberapa tempat wisata. Anda tidak perlu khawatir untuk memilih berkuda, karena akan di bimbing oleh penduduk setempat. Menyewa jeep juga merupakan pilihan yang pas jika Anda ingin berkeliling ke area wisata Gunung Bromo. Biaya sewa jeep tergantung dari rute yang di tempuh, Anda akan di tawari sejumlah pilihan rute, jadi semua itu pilihan Anda. Jadi Naik Kuda atau Jeep ya ???




Cara Menuju Gunung Bromo

Rute menuju Gunung Bromo sangatlah mudah, apabila Anda berada di Jakarta maka Anda harus menuju Surabaya dengan kereta api atau pesawat. Selain Surabaya Anda bisa juga transit di Malang dengan menggunakan kereta api. Jika Anda dari bandara Juanda Surabaya, Anda dapat sewa kendaraan yang akan mengantarkan Anda ke kawasan wisata Gunung Bromo. Anda akan menempuh rute perjalanan ke Gunung Bromo, dimulai dari Surabaya, Pasuruan, Wonokitri, Gunung Bromo. Perjalanaan ini membutukan sekitar waktu 3 jam. Sedangkan rute dari Malang melewati Tumpang , Gubuk Klakah, Jemplang dan sampai di Gunung Bromo.



0 Response to "Pesona Keindahan Gunung Bromo"