Latest News

Wisata Raja Ampat Papua Barat



Wisata Raja Ampat Papua Barat


Raja Ampat Papua Barat "Amazon Lautan Dunia"

Wisata Raja Ampat adalah tempat wisata di Papua Barat yang mempesona dan telah di kenal oleh dunia.
Keindahan alam bawah laut maupun pesona keindahan di daratan Raja Ampat  telah menobatkan Raja
Wisata Raja Ampat Papua Barat
Ampat sebagai destinasi perjalanan paling menarik. Raja Ampat telah didokumentasikan dalam film dokumenter yang berjudul “Edis Paradise 3″ dengan pemutaran perdananya di Negara Swiss. Film dokumenter tersebut dibuat oleh Avant Premiere, film tersebut mengangkat keindahan alam bawah laut Raja Ampat di Papua Barat yang disebut sebagai Amazon Lautan Dunia. Julukan ini disandang karena posisi Raja Ampat tersebut berada di pusat segitiga karang dunia. Raja Ampat yang termasuk dalam teritorial Papua Barat ini adalah gugusan pulau dengan 610 pulau yang tersebar, tetapi baru sekitar 35 pulau yang ditempati oleh penduduk. Terdapat 4 pulau besar, yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta,dan Pulau Salawati.

Asal-Usul Nama Raja Ampat

Wisata Raja Ampat Papua BaratAsal nama Raja Ampat yaitu dari cerita penduduk setempat. Menurut cerita tersebut, ada seorang wanita yang menemukan tujuh buah telur. Telur-telur tersebut kemudian menetas, empat diantaranya menetas menjadi pangeran, sementara tiga telur yang lainnya menetas menjadi seorang wanita, sebuah batu, dan hantu. 4 Pangeran tersebut kemudian menjadi raja di pulaunya masing-masing, yaitu Pulau Misool, Pulau Waigeo, Pulau Batanta,dan Pulau Salawati sehingga akhirnya disebut sebagai Raja Ampat.

Masyarakat kepulauan Raja Ampat sebagian besar berprofesi sebagai nelayan. Mereka tinggal di kampung kecil yang terpisah kampung yang satu dengan kampung yang lain karena berbeda pulau. Masyarakat kepulauan Raja Ampat ini adalah orang yang ramah dan baik hati. Masyarakat kepulauan Raja Ampat sebagian memeluk agama Islam, dan sebagian memeluk agama Kristen, namun mereka tetap rukun dan menjaga toleransi walau berbeda keyakinan atau agama. 

 Objek Wisata Raja Ampat

Potensi wisata alam Kepulauan Raja Ampat sangat mempesona. Kepulauan Raja Ampat terkenal dengan wisata bawah lautnya yang merupakan salah satu tempat menyelam terbaik di dunia karena keragaman flora dan fauna bawah lautnya. Dari data hasil penelitian, Kepulauan Raja Ampat Papua Barat memiliki 75% dari seluruh spesies karang dunia.

Snorkeling dan diving merupakan kegiatan wisata utama dalam wisata di kepulauan Raja Ampat. Selain memiliki pesona bawah laut, kepulauan Raja Ampat Papua Barat ini juga memiliki  hutan yang lebat, gugusan batu kapur yang berwarna-warni, aneka spesies tumbuhan yang langka. Ombak laut di kepulauan Raja Ampat sangat menantang, dengan alasan inilah sebagian wisatawan tertantang untuk berselancar. Pulau Wayag, Pulau Waiwo, Pulau Karang, Kepulauan Gam, dan Pulau Arborek adalah beberapa pulau di kepulauan Raja Ampat Papua Barat yang paling sering dikunjungi wisatawan karena keindahan alamnya.Inilah salah satu alasan Raja Ampat Papua Barat di tetapkan sebagai tempat wisata terbaik dan terindah di Indonesia.

Ada dua pilahan ketika wisatawan ingin menikmati keindahan wisata alam Kepulauan Raja Ampat Papua Barat, yang pertama wisatawan bisa tinggal di sebuah resort yang khusus di bangun secara khusus untuk tempat tinggal sementara para wisatawan. Atau bisa juga tinggal di sebuah kapal pinisi yang sudah dimodifikasi secara khusus untuk wisatawan. Untuk dapat menikmati wisata Kepulauan Raja Ampat Papua Barat selama 1 minggu dengan menggunakan kapal pinisi, anda harus membayar sekitar  100 juta Rupiah, dan kapal tersebut dapat menampung sampai dengan 14 orang.

 Resort Raja Ampat
 Kapal Pinisi Raja Ampat

Cara ke Raja Ampat Papua Barat


Ada dua cara untuk menuju ke Raja Ampat Papua Barat :
  1. Dengan Pesawat, apabila Anda berada di Jakarta maka anda harus membeli tiket dari Jakarta ke Sorong. Lama Penerbangan tersebut sekitar enam jam dan biasanya akan transit dahulu di beberapa tempat. Setelah sampai di Sorong, Anda harus melanjutkan perjalanan menuju Kepulauan Raja Ampat dengan menyewa kapal. Biaya transportasi sewa kapal cukup mahal,  untuk menghemat dana di sarankan untuk pergi secara berkelompok (8 orang). Dengan begitu, anda dapat membagi biaya sewa kapal dengan kelompok Anda.
  2. Dengan Kapal Laut, apabila Anda berada di Jakarta maka anda harus membeli tiket kapal dari Jakarta ke Sorong, biaya tiket kapal cukup murah yaitu sekitar 500 ribu. Kekurangan perjalanan dengan kapal laut adalah waktu perjalanan yang cukup lama yaitu sekitar seminggu.
Kepulauan Raja Ampat Papua Barat merupakan salah satu surga dunia, pesona keindahanan laut dan bukit-bukit nya serta keramahan penduduk asli nya merupakan pengalaman yang tak terlupakan. Lihat keindahannya dalam video berikut




0 Response to "Wisata Raja Ampat Papua Barat"