Latest News

Informasi Gunung Gede


informasi gunung gede
Gunung Gede merupakan salah satu gunung yang menjadi favorit para pendaki di Indonesia, khusus nya pendaki pemula. Dalam setahun terdapat sekitar 50.000 pendaki yang naik ke gunung gede. Gunung gede terletak di wilayah tiga kabupaten yaitu kabupaten bogor, cianjur dan sukabumi dengan ketinggian 2,958 m dpl. Gunung gede berada pada lintang 106°51' - 107°02' BT dan 64°1' - 65°1 LS. Gunung gede berada dalam ruang lingkup Taman Nasional Gede Pangrango yang merupakan salah satu dari lima taman nasional yang pertama kali diumumkan di Indonesia pada tahun 1980. Suhu rata-rata di puncak gunung gede pada siang hari sekitar 18° C dan pada malam hari 5° C, dengan curah hujan rata-rata 3.600mm/tahun.
Terdapat 3 jalur pendakian gunung gede :
  • Jalur Cibodas
  • Jalur Cipanas
  • Jalur Salabintana
peta gunung gedeinformasi gunung gede
Gambar Peta Akses Gunung Gede

Transportasi Jalur Gunung Gede

  • Jalur pendakian melalui Cibodas                                                                                                         Cibodas (1.425 mdpl) dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum jurusan Jakarta - Bandung. Turun di pertigaan Cibodas, disambung dengan mobil angkutan kecil ke Kebun Raya Cibodas.Di sekitar Kebun Raya Cibodas terdapat tempat parkir yang luas, banyak terdapat pedagang makanan dan oleh-oleh di sepanjang jalan. Ada juga lokasi untuk berkemah di dekat kantor Taman Nasional. Lebatnya hutan tropis di lereng gunung Gede-Pangrango ini sudah terasa di Cibodas, namun suasana hutannya terpotong oleh padang golf yang sangat luas hingga ke arah puncak gunung pangrango.
gunung gede jalur cibodas
Gunung gede jalur cibodas

  • Jalur pendakian melalui Gunung Putri                                                                                                   Untuk menuju Gunung Putri dari Jakarta naik bus jurusan Bandung / Cianjur turun di Pasar Cipanas. Dari belakang Pasar yang merangkap terminal ini kita naik mobil angkot ke Gunung Putri. Sebelum melakukan pendakian kita harus booking terlebih dahulu 3-30 hari sebelum hari pendakian di Kantor Pusat Taman Nasional yang terletak di Cibodas.
gunung gede jalur gunung putri
Gunung gede jalur gunung putri

  • Jalur pendakian melalui Salabintana                                                                                                     Salabintana (960 mdpl) adalah kawasan wisata yang sangat menarik. Hotel, penginapan, tempat bermain, air terjun dan bumi perkemahan menjadikan kawasan ini ramai dikunjungi siapa saja. Kaum Remaja dari Bandung dan Jakarta sering mengadakan camping di lokasi ini. Jalur pendakian Selabintana kurang diminati oleh para pendaki. Banyak hal yang menjadi alasan yakni:  
    • Jalurnya panjang sehingga memakan banyak waktu dalam pendakian 
    • Jalur kendaraan umum agak susah dan lebih jauh. 
    • Jalurnya lebih berat, berlumpur dan banyak pacet
gunung gede jalur salabintana
Gunung gede jalur salabintana




0 Response to "Informasi Gunung Gede"